mim.or.id, Makassar – Untuk mengisi waktu pasca ujian semester, Kuttab Imam Malik (KIM) menggelar kegiatan Pekan Musabaqah Santri (PESANTRI), Senin (23/12). PESANTRI ini merupakan event yang pertama kali diselenggarakan di KIM. Event yang bertemakan “Kuat Iman, Ilmu dan Amal” ini berlangsung selama 3 hari. Sama halnya dengan kegiatan PORSANI yang diadakan oleh Madrasah Imam Malik, kegiatan PESANTRI juga terdiri dari berbagai macam perlombaan untuk santri KIM.

Kepala Sekolah Kuttab Imam Malik, Dzulqarnain menuturkan bahwa kegiatan PESANTRI ini dibagi menjadi tiga cabang lomba.

Ada cabang olahraga, cabang ilmu syar’i dan cabang ilmu umum. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan semangat berlomba-lomba dalam kebaikan“, jelasnya.

Lomba renang, praktik sholat, adzan iqomah, story telling dan lomba sambung ayat dilaksanakan pada hari Senin. Untuk hari Selasa (24/14) diadakan lomba tarik tambang, lari estafet, tilawah qur’an, cerdas cermat kisah dan lomba kosakata bahasa arab. Lomba bulutangkis, memanah, nasyid islami, da’i cilik, baca puisi dan menggambar-mewarnai dilaksanakan pada hari Rabu (25/12).

Lomba yang membutuhkan kerjasama, ketangkasan dan koordinasi yang baik seperti lari estafet, memanah dan tarik tambang dapat memperkuat ikatan ukhuwah antar sesama santri. Pengetahuan ilmu syar’i santri juga dapat ditingkatkan berkat adanya lomba yang mengasah khazanah keislaman seperti lomba tilawah qur’an, cerdas cermat kisah, praktek sholat dan lomba kosakata bahasa arab. Daya kreatifitas santri juga diuji dengan adanya lomba baca puisi, menggambar-mewarnai, story telling dan nasyid islami.

Santri KIM baik ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan) sangat senang mengikuti beberapa lomba yang diadakan, hal itu terlihat dengan antusiasnya para santri mengikuti berbagai macam lomba.

Pengumuman serta pemberian hadiah bagi para pemenang akan diumumkan bersamaan dengan penerimaan raport santri KIM, Sabtu (28/11). (rdp)

BACA JUGA: Tanamkan Sifat Berakhlak Baik, Kuttab Imam Malik Adakan Mabit dan Rihlah Santri

DOKUMENTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.