بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Ustadz saya sering dipukul sama orang karena saya sering mencela orang bagaimana saya menghilangkan sifat itu

Jawab:

Sungguh merupakan sebuah kebodohan jika mau dipukul berulang – ulang karena seorang muslim tidak jatuh pada lubang 2 kali, jadi jika anda sudah tahu bahwasanya ini buruk maka jauhi dan tinggalkan kemudian berusaha untuk tidak lagi melakukannya, bagaimana caranya:

Pertama: Perbanyak doa kepada Allah agar Allah mengubah sifat kita yang buruk itu sebagaimana doa yang diajarkan oleh Nabi:

اَلَّهُمَّ ا هْدِ نِيْ لِأَ حْسَنِ الأَ خْلاَ قِ، فَاِ نّهُ لاَ يَهْدِ يْ لِأَ حْسَنِهَا اِلاَّ أَنْتَ ,وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَا لَا يَسْرِفُ عَنِّىْ سَيِّئَهَا اِلَّا اَنْتَ

“Ya Allah tunjukkanlah aku kepada akhlak mulia. Tidak ada yang bisa menunjukkan kepada kemuliaan itu kecuali Engkau. Dan singkirkanlah akhlak yang jelek dari diriku. Tidak ada yang bisa menyingkirkan kejelekan akhlak itu kecuali Engkau”. (HR. Muslim: 771).

Olehnya sadari bahwa itu buruk karena salah satu untuk mendiagnosa penyakit adalah dia harus sadar bahwasanya dia sakit.

Kedua: Berjihad untuk mengubah sifat yang buruk, Nabi mengatakan:”Kesantunan itu didapatkan dengan melatih diri untuk santun”, begitupula kesabaran didapatkan dengan melatih diri untuk bersabar dan ilmu didapatkan dengan menuntutnya atau mendatanginya, jadi siapa diantara kita yang memiliki akhlak yang buruk maka berusahalah untuk mengubahnya, umar sebelum masuk islam dikenal sebagai orang yang keras tapi setelah masuk islam ia berubah.

Wallahu A’lam Bish Showaab



Oleh : Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I Hafidzahullahu Ta’ala (Direktur Markaz Imam Malik)

@Senin, 18 Dzulhijjah 1438 H

Fanspage : Harman Tajang

Kunjungi Media MIM:
Fans page: https://www.facebook.com/markaz.imam.malik.makassar/

Website : http://mim.or.id

Youtube : https://www.youtube.com/c/MimTvMakassar

Telegram : https://telegram.me/infokommim

Instagram : https://www.instagram.com/markaz_imam_malik/

ID LINE :  http://line.me/ti/p/%40nga7079p

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.