عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ

( رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berkah untuk diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan hal itu, akan terjagalah darah-darah dan harta-harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 25 dan Muslim, no. 21]


Mengenai biografi dari Ibnu Umar, Abdullah bin Umar bin Al Khatthab radhyallahu’anhu, telah kami jelaskan secara singkat pada Pembahasan Kitab Arba’in Nawawiyah Hadist Ketiga mengenai Landasan Bangunan Islam.

Beliau adalah pemuda yang pernah diberitahu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebaik-baik pemuda adalah Abdullah (merujuk kepada Abdullah bin Umar) seandainya dia menjaga shalat malamnya, maka sejak Nabi mengatakan itu, Abdullah bin Umar tidak pernah meninggalkan shalat malamnya.

Pernah disuatu hari, beliau membaca Surah Al-Muthaffifin, dikatakan bahwa ketika beliau membaca bagian awal Surah tersebut (mengenai celakanya orang yang curang dalam menimbang), beliau menangis hingga tiba waktu subuh. Memang, para sahabat ketika membaca al-Qur’an, itu menjadi sebuah cermin (instropeksi) bagi dirinya sendiri dikala mereka berbuat kesalahan. Akan tetapi, walaupun Abdullah bin Umar adalah salah satu orang yang tidak pernah bersikap curang, beliau tetap khawatir dirinya termasuk orang yang disebutkan ayat tersebut.

Abdullah ibnu Umar radhyallahu’anhu juga dikenal sebagai orang yang sering menginfaqkan sesuatu yang paling ia sukai. Disebutkan bahwa beliau mempunyai seorang budak wanita yang sangat ia cintai. Karena dia sangat mencintai budak wanita itu, maka budak tersebut dihadiahkan kepada budak laki-lakinya yang lain yang bernama Nafi’an yang kemudian dikenal dalam sejarah sebagai murid utama dari Abdullah ibnu Umar radhyallahu’anhu.

Abdullah ibnu Umar adalah orang yang banyak memerdekakan budaknya. Sampai beliau meninggal dunia, setidak-tidaknya Abdullah ibnu Umar telah memerdekakan 1000 orang budaknya.

BACA JUGA: Jalan Islam Jalan Nasihat – Pembahasan Kitab Arba’in Nawawiyah Hadits Ketujuh (Bagian 1)


Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ،

Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berkah untuk diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat…

Didalam hadits ini menjelaskan bahwa tujuan peperangan (Jihad) didalam Islam adalah untuk menyebarkan dakwah tauhid. Kaum muslimin berperang bukan karena haus darah atau memiliki nafsu berperang yang tinggi.
Oleh karena itu, sistematika Jihad didalam Islam adalah Pertama menawarkan ajaran Islam kepada orang-orang yang belum beriman. Kalau mereka tidak mau menerima ajaran Islam; (Kedua) mereka diminta untuk membayar apa yang disebut dengan jizyah. (Jizyah adalah iuran yang nilainya sangat kecil yang dibayarkan oleh kaum non-muslim. Jizyah tidak diwajibkan untuk kaum perempuan, anak-anak serta orang-orang yang lanjut usia). Kalau mereka bersikeras menolak ajaran Islam; (Ketiga) barulag kaum muslimin disyariatkan untuk memerangi mereka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan hadits ini:

فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ

“…Jika mereka telah melakukan hal itu, akan terjagalah darah-darah dan harta-harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah.”

Apabila orang-orang kafir telah mengucapkan dua kalimat syahadat, menunaikan shalat dan zakat, maka kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan akan ma’sum (terjagalah) darah-darah dan harta-harta mereka. Mereka mendapatkan jaminan keamanan dari kaum muslimin.

Para Ulama membagi kema’suman itu menjadi dua: Pertama kema’suman yang sifatnya terkini (didapatkan secara langsung). Cara mendapatkannya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Contohnya ketika kaum muslimin sedang berperang (berjihad) melawan non-muslim, ketika seorang muslim itu hendak membunuh musuhnya, kemudian musuhnya itu mengucapkan kalimat syahadat maka haram hukumnya untuk membunuh musuhnya karena orang itu telah menjadi muslim dan darahnya tidak boleh ditumpahkan.

Perlu diingat kema’suman yang pertama tadi masih belum cukup. Kema’suman yang sifatnya terkini itu bisa saja kehilangan jaminan keamanannya. Contohnya seandainya orang yang baru menjadi muslim itu setelah berperang ternyata masih menyembah Tuhannya sebelumnya atau tidak mengerjakan apa saja yang menjadi konsekuensi mengucapkan dua kalimat syahadat (didalam hadits diatas disebutkan mendirikan shalat dan menunaikan zakat). Karena itu, jenis kema’suman yang kedua adalah kema’suman yang sifatnya berkelanjutan. Orang yang telah mengucapkan dua kalimat syahadat harus mengerjakan apa yang menjadi konsekuensi mengucapkan syahadat yaitu mengerjakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan menjauhi laranganNya.

Wallahu a’lam bisshowab

Oleh : Ustadz Dr. Ihsan Zainuddin, Lc., M.Si Hafidzahullahu Ta’ala
Ta’lim Kajian Kitab Arbain Nawawiyah – Masjid Nurul Hikmah MIM (Kamis, 30 Desember 2019)

BACA JUGA: Bagaimana Jika Orang Tua dan Anak Berbeda Paham dalam Ilmu Agama?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.