بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Salah seorang istri pernah menelepon Syaikh dia mengatakan:”Wahai Syaikh, saya mengadukan suami saya“, Syaikh kemudian mengatakan:”Apa masalahnya.?”, Ia mengatakan:”Kalau dia tidur mendengkurnya sangat besar dan keras sehingga membuat saya tidak bisa tenang“,

Akhirnya Syaikh mengatakan:”Berikan saya waktu 3 hari, setelah 3 hari kemudian mohon telepon lagi”, 3 hari kemudian dia menelepon, akhirnya Syaikh mengatakan:”Saya akan memberikan kepadamu 2 pilihan dan jangan terburu-buru mengambil keputusan”, ia berkata:”Apa itu?”,

Syaikh kemudian berkata:”

  1. Bersabarlah dengan dengkurannya itu,
  2. Jika tidak segera meminta cerai dan berpisah darinya,

(Perlu diketahui bahwa orang yang mengadu ini telah memiliki anak yang banyak)

lanjut syaikh:”Jangan jawab sekarang, 3 hari kemudian lagi anda menelepon, 3 hari kemudian Syaikh mengatakan:”Bagaimana sudah ada keputusan?”, Ia mengatakan:”Benar ya Syaikh, ternyata setelah saya renungi 3 hari terakhir ini, dengkuran suami saya lebih indah dari apapun yang ada di dunia ini”.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah:

  1. Seorang suami-istri harus bersabar jika terjadi masalah dalam rumah tangga tidak kemudian langsung mengambil keputusan yang justru merugikan hubungan diantara keduanya.
  2. Senantiasa melihat sisi baik kepada suami begitupula suami senantiasa melihat sisi baik dari istri jangan hanya melihat satu kesalahan kemudian menghapus semua kebaikan dalam hubungan rumah tangga.
  3. Jika terjadi masalah dalam rumah tangga kemudian tidak tahu bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah tersebut maka hendaknya mengadukan masalah tersebut kepada ahlinya atau orang yang berilmu.
Wallahu A’lam Bish Showaab


Oleh : Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I Hafidzahullahu Ta’ala (Direktur Markaz Imam Malik)

@Senin, 20 Rajab 1438 H

Fanspage : Harman Tajang

Kunjungi Media MIM:
Fans page: https://www.facebook.com/markaz.imam.malik.makassar/

Website : http://mim.or.id

Youtube : https://www.youtube.com/c/MimTvMakassar

Telegram : https://telegram.me/infokommim

Instagram : https://www.instagram.com/markaz_imam_malik/

ID LINE :  http://line.me/ti/p/%40nga7079p

 

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR