mim.or.id, Makassar – Semakin banyaknya santri yang ada di Madrasah Imam Malik mengakibatkan masalah yang timbul juga semakin beragam. Adanya penyamaan persepsi dan sinergi semua elemen Madrasah dalam mendidik dan mengasuh santri wajib diwujudkan. Berdasarkan hal tersebut, Manajemen Madrasah Imam Malik mengadakan kegiatan diskusi tematik terkait permasalahan yang ada di Madrasah, Sabtu (11/01/20).

Kegiatan yang disebut Nadwah ini memiliki teknis pelaksanaan yang berbeda dengan Kegiatan Kuliah Musyrif yang rutin dilaksanakan setiap pekan. Jika pada kegiatan kuliah musyrif, peserta yang terdiri dari pembina santri dan muhaffizh hanya menerima materi dari pemateri yang dibawakan oleh Kepala Madrasah Imam Malik, maka pada kegiatan nadwah ini yang menjadi sentral fokusnya adalah peserta.

Peserta dibagi menjadi 8 kelompok dan setiap kelompok beranggotakan 4 orang. Setiap kelompok menyiapkan materi yang berkenaan dengan pendidikan dan kepengasuhan santri.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi. Pada pertemuan perdana kali ini, kelompok pertama ikhwah membawakan materi dengan tema “Memetakan Potensi Santri” dan kelompok pertama akhwat membawakan materi dengan tema “Reward and Punishment”. Setelah pemaparan materi oleh setiap kelompok, sesi tanya-jawab dibuka terkait materi yang dibahas. Peserta lain mendiskusikan permasalahan yang ada berkaitan dengan materi.

BACA JUGA: Madrasah Tahfizh Al-Qur’an Membuka Pendaftaran Penerimaan Santri Baru di Awal Tahun 2020

Koordinator Musyrif Madrasah, Asdar Junaedi mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu membuka cakrawala berfikir semua personel madarasah mengenai tugas dan posisinya sebagai pendidik dan pengasuh di Madrasah Imam Malik.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang bertukar pikir terkait masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pendidikan dan pembinaan santri”, tambahnya.

Pada sesi terakhir, Kepala Madrasah Imam Malik, Ustadz Faisal Abdurrahman selaku Fasilitator kegiatan mereview jalannya diskusi dan menyimpulkan hasil diskusi serta memberikan arahan-arahan terkait kasus-kasus yang diangkat selama diskusi.

InsyaaAllah, diskusi terkait permasalahan di dalam Madrasah Imam Malik rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu. (rdp)

BACA JUGA: Canangkan Program Kerja Setahun Kedepan, Markaz Imam Malik Gelar Musyawarah Kerja

DOKUMENTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.