بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ مُعَافًى فِي جَسَدِهِ آمِنًا فِي سِرْبِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan [1] sehat badannya,[2] aman pada keluarganya, dia [3]memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya“. (HR. Ibnu Majah, no: 4141, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih Al-Jami’ush Shaghir no. 5918).

Waktu Pagi Dalam Keadaan Sehat Badannya,

Tidak mungkin kita berangkat ke masjid ketika kita sakit dan salah satu udzur syar’i seseorang tidak menghadiri sholat berjama’ah adalah ketika dia sakit, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan dalam hadist:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang“. (HR. Al-Bukhari).

Silahkan mengunjungi rumah sakit karena kita banyak diperintahkan untuk menjenguk orang yang sakit, kata Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

Apabila seseorang menjenguk saudaranya Чαπƍ muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba“. (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Ini hadist keutamaan menjenguk orang sakit, kita datang ke rumah sakit melihat kondisi dan keadaan orang – orang yang sakit dan jika ada hadiah atau bingkisan kita bawakan kepada mereka adapun jika tidak ada maka tidak mengapa, kita perlu mendo’akan saudara kita, kita menhiburnya dan meletakkan tangan kita ditempat yang sakit pada tubuhnya kemudian kita membaca doa:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi”. (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Setelah itu kita membaca surah Al-Fatihah berulang kali kemudian kita tiupkan dan ini bisa dilakukan oleh siapapun karena ini diantara adab menjenguk orang sakit, jadi jika kita menjenguk orang sakit kita obati dengan doa bukan hanya mengharapkan dokter bahkan juga obat yang paling mujarab, adab yang lain adalah menghiburnya dan jangan menakut – nakutinya, jangan kita berkata kepadanya:“Kemarin tetangga saya memiliki penyakit seperti anda dan dia telah meninggal”.

Termasuk diantara adab menjenguk orang yang sakit jangan berlama – lama berada ditempat itu termasuk melihat jam besuk dan jika perlu beritahu sebelumnya bahwa kita akan mengunjunginya karena terkadang pasien butuh istrahat, menjenguk orang yang sakit hanya sekedarnya saja kecuali kata para ulama kita melihat bahwasanya keberadaan kita disitu dapat membahagiakan dia, tapi jika sudah waktunya tidur kemudian ada isyarat dari keluarganya atau misalnya pasien bertanya:”Kamu naik apa kesini”, kita berkata:”Naik motor”, ia berkata:”Hati – hati nanti ketika kamu pulang“, ini diantara isyarat bahwasanya kita disuruh untuk pulang begitupula ketika kita bertamu ke rumah orang lain juga ada adabnya misalnya kita mengetuk pintu sampai 3 kali dan tidak ada jawaban atau yang punya rumah berkata:”Saya belum bisa menerima tamu sekarang”, jika dia berkata demikian maka silahkan pulang dan jangan berkecil hati sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur’an.

Aman Pada Keluarganya

Tidak ada gangguan meninggalkan keluarga kita dirumah menuju masjid melaksanakan sholat, kita merasakan keamanan ketika berangkat ke masjid, setelah sholat kita mendengarkan pengajian dan kita tidak khawatir akan keluarga dirumah begitupula tidak mengkhawatirkan keselamatan hidup kita dan ini adalah nikmat yang sangat besar disisi Allah Subhanahu wata’ala.

Nikmat baru kita rasakan ketika dicabut oleh Allah Subhanahu wata’ala atau ketika kita membandingkan dengan saudara –saudara kita yang diharamkan dari nikmat itu, coba kita lihat saudara –saudara kita yang ada di Uighur mereka berada dalam penjara raksasa, mereka tidak leluasa beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala bahkan dipaksa untuk murtad dari agamanya dan jika mereka tidak murtad maka mereka disiksa bahkan telah banyak yang menjadi korban karena dibunuhi, lihat kondisi dan keadaan yang ada di Palestine, Gaza,  yang ada di Suriah, di Burma dan sebagian yang ada dibelahan bumi ini kondisi dan keadaan yang dialami oleh saudara – saudara kita dimana kehormatan mereka terancam bahkan dibunuh dihadapan keluarga mereka, adapun dinegeri kita Allah memberikan keamanan, Allah memberikan kepada kita ketenangan dan Allah Subhanahu wata’ala memerintahkan jika nikmat itu kita rasakan maka syukuri dengan ibadah dan semakin kita tingkatkan ketaatan kita kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Dia Memiliki Makanan Pokoknya Pada Hari Itu

Allah yang memberikan kepada kita makanan sehingga tidak merasakan kelaparan dan memberikan kepada kita keamanan dari rasa takut sebagaimana yang kita rasakan.

Wallahu A’lam Bish Showaab



Oleh : Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I Hafidzahullahu Ta’ala (Direktur Markaz Imam Malik)

@Rabu, 18 Muharram 1439 H

Fanspage : Harman Tajang

Kunjungi Media MIM:
Fans page: https://www.facebook.com/markaz.imam.malik.makassar/

Website : http://mim.or.id

Youtube : https://www.youtube.com/c/MimTvMakassar

Telegram : https://telegram.me/infokommim

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.