mim.or.id, Makassar – Menjadi sebuah prestasi sekaligus kebanggaan tersendiri bagi orang-orang yang mampu menghafalkan al-Qur’an. Dengannya mereka akan mendapatkan berbagai macam keutamaan dari Allah. Keutamaan-keutamaan tersebut tentunya bisa menjadi motivasi bagi umat Islam untuk berlomba-lomba memahami dan menghafalkan al-Qur’an.

Alhamdulillah, manajemen Madrasah Tahfizh Qur’an (MTQ) Imam Malik merutinkan salah satu program untuk memperkuat hafalan Qur’an santri yaitu Tasmi’ al-Qur’an. Tasmi’ al-Qur’an adalah kegiatan memperdengarkan hafalan yang dimiliki tiap santri di hadapan muhaffizh dan santri lainnya. Sekali duduk, santri yang ditunjuk secara bergilir akan mentasmi’kan 3 sampai 5 juz al-Qur’an. Muhaffizh dan santri lainnya menyimak dan mengoreksi bila terjadi kesalahan.

Program yang sering disebut Tasmi’ Shugro ini rutin dilaksanakan setiap malam ahad ini dimulai dari hafalan Qur’an Juz 1. Namun, dikarenakan adanya libur tiga bulanan santri dan penerimaan santri baru, Tasmi’ Qur’an pekan ini dilaksanakan pada Rabu (11/03/2020) malam.

Kepala Sekolah Madrasah Tahfizh Qur’an, Ustadz Faisal Abdurrahman menuturkan bahwa kegiatan Tasmi’ al-Qur’an itu bertujuan memperkuat hafalan para santri.

“Kegiatan ini juga menjadi sarana mengasah mental agar para santri terbiasa tampil di depan umum,” tutupnya. (rdp)

BACA JUGA: Lakukan Pemutakhiran Data Pesantren, Markaz Imam Malik Terima Kunjungan dari Kemenag Makassar

DOKUMENTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.