Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda ,“Janganlah salah seorang di antara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barangsiapa yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin.” (HR. Ahmad)

Hadits di atas menjadi penerang bagi kita, berduaan dengan lawan jenis non mahram merupakan keburukan yang menjadi hasil negoisasi setan dan nafsu manusia.

Bukan hanya di dunia nyata, bahkan di era teknologi hari ini dia berubah bentuk lebih tragis. Chating berduaan, baik whatsapp, bbm, line, dll, video call, dan sejenisnya. Secara syariat Islam, hal seperti ini termasuk dalam pintu-pintu zina.

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isro`: 32)

Maka menghindarinya adalah ketaatan. Bagaimana jika ada hal darurat, misalkan terlibat satu tim dalam urusan pekerjaan? Sebisa mungkin libatkan orang ketiga menemani. Khususnya yang telah berkeluarga, maka jadikan pasangan Anda pendamping atau perantara. Wallahu a`lam.

Penulis: Ketua Divisi Muslimah Markaz Imam Malik Rosdiana AR, SPd.I., Lc., M.Pd.

Sumber : harianamanah.com

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.