Dari Abdullah, Di Antang

Pertanyaan:

Assalamu alaikum pak ustaz.mau bertanya apakah sholat subuh bisa 3 rakaat.apa benar ada surat dalam al QUr’an yang di baca mengharuskan kita tunduk apabila di baca.karena pernah saya sholat di mesjid rakaat pertama tanpa rukuk langsung sujud itupun cuma 1 kali sujud langsung berdiri.rakaat 2 dan 3 seperti basa 1 rukuk 2 kali sujud.

Jawab:

Alhamdulillah wasshalatu wassalamu ‘ala Rasulillah..

Sholat subuh hanya 2 rakaat bukan 3 rakaat karena tidak ada dalil yang memerintahkan mengerjakan sholat subuh 3 rakaat, adapun 2 rakaat sebagaimana disebutkan dalam hadist:
Dari Qais bin ‘Amr, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki melaksanakan shalat dua raka’at setelah shubuh, maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata : “Shalat Subuh (hanya) 2 raka’at. Laki-laki itu menjawab: aku belum shalat dua raka’at sebelum Subuh jadi aku melaksanakannya sekarang, maka Rasul shallallahu alaihi wa sallam diam.
(HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Albaihaqiy, Ad-Daru Quthniy dan Ahmad. Dishohikan oleh Al-Albaniy).

Adapun yang ditanyakan sujud tanpa rukuk kemudian langsung berdiri ini disebut dengan SUJUD TILAWAH yaitu sujud yang dianjurkan ketika membaca dan mendengar ayat – ayat sajadah yang terdapat dalam beberapa surah seperti :
QS. Al A’rof ayat 206
QS. Ar Ro’du ayat 15
QS. An Nahl ayat 49-50
QS. Al Isro’ ayat 107-109
QS. Maryam ayat 58
QS. Al Hajj ayat 18
QS. Al Furqon ayat 60
QS. An Naml ayat 25-26
QS. As Sajdah ayat 15
QS. Fushilat ayat 38

Ayat ayat anjuran untuk sujud tilawah memiliki tanda dalam Al-Qur’an misalkan ketika kita melihat ayat ayat diatas dimana setelah selesai membaca ayat maka diakhirnya ada tanda dan tanda itu sama dari beberapa ayat diatas dan kita bisa melihat dalam Al-Qur’an yang kita miliki.

Adapun dalil perintah sujud tilawah, dalilnya adalah hadits Ibnu ‘Umar:
“Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca Al Qur’an yang di dalamnya terdapat ayat sajadah. Kemudian ketika itu beliau bersujud, kami pun ikut bersujud bersamanya sampai-sampai di antara kami tidak mendapati tempat untuk dahinya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sujud Tilawah bukan hanya dilakukan ketika sholat akan tetapi juga dilakukan diluar sholat tatkala membaca atau mendengar ayat ayat sajadah ketika diakhir ayat maka dianjurkan langsung sujud kecuali pada 2 tempat yaitu kuburan dan tempat yang najis seperti WC/Toilet.

Wallahu A’lam Bish Showaab..

Dijawab oleh Ust. H. Harman Tajang, Lc, M.H.I
(Direktur Markaz Imam Malik Makassar, Sekretaris Dewan Syari’ah Wahdah Islamiyah, Anggota MUI Sul-Sel, Anggota Muslim Scholars Association)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR