MIM – Unit Muslimah. Hujan deras mengguyur kota Makassar. Aula lantai 2 Markaz Imam Malik mulai dihadiri peserta taklim muslimah. Awan hitam yang masih menggantung di ufuk utara dan barat seakan mengisyaratkan bahwa menuju majelis ilmu yang akan diisi oleh Ustadzah Rosdiana Ar, S.Pd.I, Lc, M.Pd.I butuh perjuangan keras melawan nafsu yang hanya ingin di rumah saja.

Lebih dari 200 muslimah memenuhi aula Markas Imam Malik bahkan seperti biasanya masih harus berdesakan di koridor lantai 2. Sepertinya hujan bukanlah penghalang untuk menghadiri taklim muslimah yang dimulai pada pukul 13.30 wita ini. Kajian kitab tazkiyatun nafs yang kembali dibahas oleh ibu beranak dua ini dengan tema zuhud (defenisi dan tingkatannya) menjadi pengingat bagi para wanita / muslimah untuk bisa cerdas menjadikan akhirat jadi prioritas utama tanpa meninggalkan dunia yang menjadi tempat hidup dan beramal sholeh.

Dalam taklim muslimah ini, ustadzah Rosdiana AR yang merupakan isteri dari ustadz Harman Tajang Lc, M.H.I yang juga merupakan da’i kondang dari Makassar menekankan bahwa cara untuk meraih zuhud kepada dunia adalah perkuat keimanan kepada Allah dan selalulah menghadiri mejelis ilmu, sehingga ia menjadi pengingat bagi diri kita bahwa tak ada yang abadi.

Penulis buku ‘Untukmu’ ini juga menjelaskan bahwa yang dikatakan zuhud itu tidaklah harus berpakaian ala kadarnya. Jadi, hakekat zuhud itu berada di dalam hati yaitu keluarnya rasa cinta dan ketamakan terhadap dunia dari hati seorang hamba. Dunia hanya di tangannya dan akhirat di hatinya.

Di akhir acara taklim ini di tutup dengan adanya pemberian hadiah kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri. Semoga dengan hadirnya kita di majelis ilmu ini dengan pembahasan tentang zuhud bisa memahamkan kita tentang arti zuhud yang sebenarnya sehingga kita bisa mengaplikasikannya dengan baik di kehidupan kita.

————————————————————————————————-

Oleh: Ustadzah Rosdiana AR,  S.Pd.I, Lc, M.Pd.I

(Ketua Unit Muslimah Markaz Imam Malik)

Bagi yang di luar daerah dapat menyimak kajian Live Muslimah MIM setiap pekannya melalui Group khusus Muslimah, untuk bergabung di Group Muslimah MIM silahkan Klik linkberikut ini GROUP KAJIAN MUSLIMAH MIM

photo_2017-03-27_11-53-36

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR