Pertanyaan:

Ustadz tolong jelaskan apa manfaatnya barazanji karena saya liat ketika ada acara pasti ada barazanji..?

Jawab:

Barazanji ini dinisbahkan kepada penulisnya, ini buku sejarah yang penuh dengan syair – syair yang menceritakan kelahiran Nabi sampai beliau meninggal dan tidak ada dibuku – buku sejarah yang lain, buku – buku sejarah ada kelebihannya dan ada kekurangannya. Kitab barazanji dari sesi susunan bait – bait syairnya masyaAllah pernah ada orang arab membaca dan mengatakan:”Itu syair- syair yang sangat indah cuma ada beberapa koreksi terutama pada bagian sebelum Nabi dilahirkan“, banyak hal – hal yang belum ada keterangannya kemudian ada sifat ghuluw atau berlebih – lebihan disitu, jadi saya katakan ini bagus sebagai buku sejarah tetapi kalau diyakini bahwasanya dia membawa keutamaan tertentu kemudian acara tidak jadi ketika tidak dibaca maka ini perlu diluruskan. Mengapa kita tidak membaca Al-Qur’an, misalnya ketika masuk rumah baru baca Al-Qur’an, baca surah Al-Baqarah kata Rasulullah:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

 “Jangan jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya”. (HR. Muslim no. 780, dari Abu Hurairah –radhiyallahu’anhu).

Al-Qur’an adalah kitab yang paling berberkah ketika dibacakan, di pahami atau tidak dipahami maknanya, apalagi barazanji banyak yang tidak pahami maknanya, dipahami saja tidak ada keutamaan khususnya, ketika dibaca tidak kemudian dikatakan menolak bala atau mendatangkan rezeki dan seterusnya sama dengan buku – buku yang lain, mohon maaf dengan segala hormat kepada yang biasa mengamalkan ini yang kami ketahui tentang masalah ini, kita tidak meyakini bahwasanya ada keutamaan di dalamnya apalagi jika meyakini ini lebih baik dari Al-Qur’an tentu jauh dari yang benar.

………………………………………………

Wallahu a’lam bisshowab

Oleh : Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I Hafidzahullahu Ta’ala (Direktur Markaz Imam Malik)

@selasa, 20 Rabiul Akhir 1441 H

Fanspage : Harman Tajang

Kunjungi Media MIM:
Fans page: https://www.facebook.com/markaz.imam.malik.makassar/

Website : http://mim.or.id

Youtube : https://www.youtube.com/c/MimTvMakassar

Telegram : https://telegram.me/infokommim

Instagram : https://www.instagram.com/markaz_imam_malik/

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.