mim.or.id, Makassar – Madrasah Tahfizh Al-Qur’an (MTQ) Imam Malik menyelenggarakan Wisuda Santri Angkatan Keempat yang berlangsung pada hari Ahad (4/4/2021). Alhamdulillah, tak seperti tahun sebelumnya dimana pelaksanaan wisuda digelar secara daring akibat wabah pandemi Covid-19, wisuda santri tahun ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Mubarakah Tamangapa, Makassar.

Agenda dimulai saat partisipan yang terdiri dari santriwan dan santriwati beserta orang tua registrasi dan duduk di tempat yang disediakan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Abdillah Bill Firqan, salah satu peserta wisuda MTQ.

Agenda dilanjutkan oleh sambutan Kepala Madrasah Ustadz Faisal Abdurrahman, Direktur Pelaksana MIM Ustadz Busman Ali dan taujih oleh Direktur Markaz Imam Malik Ustadz Harman Tajang dari Buraydah, Arab Saudi. Beliau tak sempat menghadiri wisuda tahun ini dikarenakan masih melanjutkan studi doktoral di Universitas Qassim.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Wisuda Santri juga melanjutkan Tasmi Akbar 30 Juz Bil Ghoib yakni pembacaan Al-Qur’an 30 Juz oleh Uwaes Abdul Hakim dan Wafiy Adzkia Susilowati. Sebelumnya kegiatan ini sudah dimulai 3 hari sebelum pelaksanaan Wisuda.

Agenda dilanjutkan dengan pembacaan syahadah dan penerimaan raport. Alhamdulillah, kali ini Wisuda Akbar Madrasah Imam Malik Angkatan Keempat ini meluluskan sebanyak 109 orang yang terdiri dari 66 santriwan dan 43 santriwati.

Satu hal yang perlu disyukuri, diantara santri yang diwisuda, santri yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 Juz adalah sebanyak 24 santriwan dan 18 santriwati. Uwaes Abdul Hakim dan Wafiy Adzkia Susilowati yang sebelumnya membacakan Tasmi Qur’an 30 Juz berhasil menjadi Santriwan dan Santriwati Terbaik Angkatan Keempat.

Kepala Madrasah Imam Malik, Ustadz Faisal Abdurrahman mengatakan bahwa Wisuda Santri MTQ berjalan sukses, walaupun dengan tetap menjaga protokoler kesehatan dalam masa pandemi ini, namun tidak menyurutkan semangat dari para wisudawan dan wisudawati dan support dari orangtua santri juga begitu luar biasa.

“Alhamdulillah, wisuda Madrasah Imam Malik ke-IV kali ini terasa berbeda dari sebelumnya disebabkan penampilan Tasmi Kubro dari 2 santri Madrasah yakni Uwaes Abdul Hakim dan Wafiy Adzkia Susilowati. Dimana mereka berhasil tampil dengan menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Qur’annya dalam tempo 3 hari,” lanjut beliau. 

Alhamdulillah, Markaz Imam Malik telah mencapai progres dalam pembinaan dan pendidikan Al-Qur’an karena telah terbukti melahirkan banyak penghafal Al-Qur’an diusia remaja. Harapan Markaz Imam Malik kedepannya dapat mencetak generasi rabbani dan penghafal Al-Qur’an yang lebih banyak lagi seiring dengan perkembangan pembangunan MIM, dengan semakin berkembangnya pembangunan MIM diharapkan dapat lebih banyak menampung para santri yang kelak menjadi penghafal Al-Qur’an. (*)

DOKUMENTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.