بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua raka’at”. (HR. Muslim no. 720).

Manusia memiliki 360 persendian, di zaman Nabi tidak ada medis dan kedokteran beliau mengetahui jumlah persendian karena wahyu dari Allah Subhanahu wata’ala dan setiap persendian kita memiliki hak sedekah, dalam hadist ini Nabi tidak menyebutkan sedekah dengan harta karena itu sudah diketahui oleh para sahabat dan ma’ruf dikalangan kaum muslimin jika disebut dengan sedekah bararti yang dimaksud adalah sedekah dengan harta, tetapi disini beliau hendak menyampaikan bahwasanya tidak hanya sebatas itu yang dimaksud dengan sedekah.

Nabi mengatakan:”Setiap bacaan tasbih adalah sedekah ”, amalan yang tidak membutuhkan tenaga, tempat, biaya tapi dihitung oleh Allah sebagai sedekah disisinya begitupula dengan ucapan tahmid juga bernilai sedekah, tahlil sedekah dan takbir sedekah. Kita hanya membutuhkan beberapa menit untuk mengamalkannya namun terkadang banyak diantara kita lalai untuk mengamalkannya, olehnya usahakan lisan kita tidak pernah berhenti untuk berdzikir kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Syaikh Bin Baz Rahimahullah diceritakan oleh murid – muridnya ketika beliau menerima telepon dari seseorang yang meminta fatwa, orang yang bertanya ketika menyampaikan hajatnya Syaikh Bin Baz mendengarkan sambil berdzikir kepada Allah, betapa indah hidup ini jika penuh dengan dzikir kepada Allah.

Ketika berangkat ke kantor biasakan lisan kita bertasbih memuji Allah yang dengannya dapat menentramkan hati – hati kita, olehnya orang yang paling bahagia hidupnya adalah orang yang paling banyak dzikirnya untk mengingat Allah karena dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah, kemudian kata Rasulullah cukup dari semua itu bisa terwakili dengan 2 rakaat sholat dhuha, betapa mudahnya Allah membukakan pintu kebaikan kepada kita, Allah maha tahu bahwasanya tidak semua amalan bisa dikerjakan oleh manusia sehingga Allah menjadikan amalan itu bervariasi agar manusia dapat memilih amalan yang bisa ia kerjakan atau yang dia senang untuk mengerjakannya.

Sholat dhuha dikerjakan setelah terbit matahari atau setinggi tombak dan bisa dikerjakan diantara waktu terbit fajar sampai 15 menit sebelum masuk waktu dhuhur dan waktu yang lebih afdhal ketika matahari sudah mulai menyengat sinarnya sekitar jam 11 dan tergantung kondisi dan keadaan kita serta kesempatan kita, bisa dikerjakan dengan 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi setelah fathul makkah, adapun jika kita terlalu sibuk minimal kerjakan 2 rakaat. Jangan sengaja meninggalkan tugas kantor dengan mengerjakan sholat dhuha dalam jumlah rakaat yang banyak karena bisa berdosa sebab pekerjaan wajib sedangkan sholat dhuha sunnah, olehnya padukan semua kebaikan misalnya sebelum berangkat ke kantor atau pada jam istrahat kita kerjakan sholat dhuha.

Wallahu A’lam Bish Showaab



Oleh : Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I Hafidzahullahu Ta’ala (Direktur Markaz Imam Malik)

@Sabtu, 07 Muharram 1439 H

Fanspage : Harman Tajang

Kunjungi Media MIM:
Fans page: https://www.facebook.com/markaz.imam.malik.makassar/

Website : http://mim.or.id

Youtube : https://www.youtube.com/c/MimTvMakassar

Telegram : https://telegram.me/infokommim

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.