Makassar, mim.or.id – Kuttab Imam Malik (KIM) kembali menggelar kegiatan Pekan Musabaqah Santri (PESANTRI). PESANTRI adalah kegiatan lomba tahunan yang diselenggarakan untuk santri KIM.

Berbeda dengan PESANTRI tahun sebelumnya, perlombaan ini dilaksanakan secara virtual via zoom, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Kegiatan PESANTRI juga disiarkan langsung lewat Channel Youtube MIM TV Official dan Fanspage Facebook Kutttab Imam Malik. Perlombaan ini berlangsung selama sepekan, Senin (11/1/2021) sampai dengan Senin (18/1/2021).

Kepala Sekolah Kuttab Imam Malik, Dzulqarnain menuturkan bahwa kegiatan PESANTRI ini dibagi menjadi dua cabang lomba.

Ada Cabang Ilmu Syar’i dan Cabang Ilmu Umum. Tahun ini panitia meniadakan Cabang Olahraga karena keterbatasan kita jika menggelar lomba secara virtual akibat pandemi Covid-19,“ jelasnya.

Pengetahuan ilmu syar’i santri diuji dengan adanya lomba yang mengasah khazanah keislaman seperti Lomba Tahfidzul-Tilawah Qur’an, Lomba Adzan, Pildacil, Berkisah, Tebak Nomor Ayat dan Hafal Matan.

Untuk cabang lomba pengetahuan umum diisi dengan Lomba Berhitung, Lomba Mewarnai dan Nasyid.

Penanggung Jawab Kegiatan PESANTRI, Yusril mengungkapkan kesyukurannya atas kelancaran dari perlombaan ini.

Alhamdulillah pesantri berjalan dengan lancar. Meski dihelat secara virtual, namun antusias dari para peserta begitu besar,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam PESANTRI kali ini, lomba yang paling bergengsi adalah Lomba Tebak Nomor Ayat karena harus menjalani 3 babak dengan durasi yang masing-masing cukup panjang.

Tampak para santri dan santriwati sangat senang mengikuti beberapa lomba yang diadakan. Hal itu terlihat dengan antusiasnya mereka mengikuti berbagai macam lomba.

Hasil perlombaan dari dua cabang lomba tersebut InsyaAllah akan diumumkan akhir pekan ini. (*)

DOKUMENTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.