mim.or.id, MakassarAlhamdulillah Madrasah Tahfizh Al-Qur’an (MTQ) Imam Malik telah menyelesaikan Program Takhassus Menghafal Al-Qur’an, Selasa (5/10/2021). Program Takhassus Menghafal Al-Qur’an adalah program rutin tiap tahunnya dan tahun ini memasuki angkatan kelima. Program ini mengharuskan semua santri kelas 3 Madrasah Imam Malik baik ikhwah maupun akhwat untuk fokus menyelesaikan hafalan Qur’an 30 Juz. Para santri dan santriwati tersebut akan dikarantina selama 3 bulan sejak Juli 2021.

Seperti tahun sebelumnya, Program Takhassus Menghafal Al-Qur’an dilaksanakan di Markaz Imam Malik, tepatnya di Asrama Santri lantai 3 untuk Ikhwah dan Asrama WK50 untuk Akhwat. Ada 8 halaqah yang terbentuk dan total santri yang mengikuti program ini sebanyak 114 orang ikhwah dan 5 halaqah yang terbentuk dan total santriwati yang ikut program ini sebanyak 65 orang akhwat.

Kegiatan halaqah dan penyetoran hafalan Qur’an dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 pada pagi hari. Setelah shalat dhuzur kemudian dilanjutkan pukul 12.30 sampai dengan 13.30 pada siang hari. Setelah shalat ashar, halaqah kembali dimulai pada pukul 15.00 sampai dengan 17.00 pada sore hari dan dilanjutkan pada pukul 20.00 sampai dengan 20.30. Diakhir halaqah, tak lupa musyrif (pembina) mengevaluasi hafalan para santri selama 1 hari tersebut. Setiap hari Jum’at, diadakan Tasmi’ Al-Qur’an bagi santri yang telah menyelesaikan hafalannya.

Kepala Madrasah Imam Malik, Ustadz Faisal Abdurrahman bersyukur karena program takhassus Madrasah Imam Malik dapat dilaksanakan. Beliau juga mengapresiasi support dari orangtua santri juga begitu luar biasa untuk tetap melaksanakan program tersebut.

Alhamdulillah, sampai pada hari terakhir (acara penutupan Daurah Menghafal Al-Qur’an), total santri yang telah menyelesaikan hafalannya sebanyak 27 dari 114 orang santri putra dan 29 dari 65 orang santri putri. Manajemen Madrasah Tahfizh Al-Qur’an juga mengadakan rihlah untuk refresing bagi santri kelas 3 di Bugis Waterpark (Makassar) untuk santri ikhwah dan Topejawa (Takalar) untuk santri akhwat. (*)

DOKUMENTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.