بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar“. (QS. Al Baqarah :153).

Ayat diatas sehubungan dengan firman Allah Subhanahu wata’ala:

 إِنَّ الْإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا إِلَّا الْمُصَلِّينَ

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat“. (QS. Al Ma’arij :19-22).

Sholat Mencegah Dari Keburukan

Allah Subhanahu wata’ala mengecualikan keburukan tersebut kepada orang – orang yang mengerjakan sholat yang menjaga sholatnya dengan baik. Seorang pejabat yang menjaga sholatnya dengan baik maka terlihat pada pribadinya menjadi orang yang tawadhu, karena fungsi sholat adalah mengajarkan ketawadhuan kepada Allah Subhanahu wata’ala. Ketika anggota tubuh sejajar dengan kaki bersujud kepada Allah Subhanahu wata’ala dengan menghambakan diri dihadapan Allah maka pada saat itulah diwariskan dalam hati kebesaran Allah, dan jika seorang hamba telah yakin bahwa hanya Allah yang maha besar maka ia akan melihat segala sesuatu hina dimatanya termasuk dirinya sendiri sehinga muncul sifat tawadhu pada dirinya dihadapan Allah Subhanahu wata’ala.

Fungsi sholat yang lain adalah menjadi penolong didunia dan diakhirat, Dalam hadist riwayat Ahmad disebutkan:”Bahwa  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bila menghadapi suatu dilema (situasi yang sukar dan membingungkan) beliau shalat”.

Jadi jika diantara kita ada yang memiki masalah jangan mengadu pada facebook akan tetapi segera berwudhu karena Allah Subhanahu wata’ala berfirman:”Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu”.

Sering kita menemukan dimana seseorang menghibur saudaranya yang ditimpa ujian dan musibah berkata:”Bersabarlah atas musibah yang menimpamu“, namun jarang kita menemukan seseorang berkata kepada saudaranya yang sedang diuji dengan berkata:”Sholatlah“, padahal sabar dan sholat adalah penolong dari segala musibah dan ujian.

Sholat sebagai penolong dan mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, namun jika rajin sholat dan masih mengerjakan perbuatan mungkar, maka teruslah sholat dan perbaiki kualitas sholat yang dikerjakan agar sholat tersebut mencegah dari kemungkaran yang dikerjakan. Suatu ketika datang seorang menyampaikan kepada Rasulullah :”Ya Rasulullah fulan sholat dimalam hari akan tetapi dia berdosa disiang hari”, Rasulullah berkata:”InsyaAllah sholatnya akan mencegah ia dari kemungkaran yang ia lakukan itu”.

Maka dari itu terus perbaiki kualitas sholat yang kita kerjakan sehingga menjadi penolong didunia dan diakhirat, diakhirat sholat yang kita kerjakan menjadi cahaya dialam kubur, padang mahsyar, diatas sirath dan menjadi cahaya kelak pada hari kemudian agar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengenal kita sebagai ummatnya, disinilah mengapa Nabi Ibrahim diantara doanya:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku“. (QS. Ibrahim : 40).

Wallahu A’lam Bish Showaab



Oleh : Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I Hafidzahullahu Ta’ala (Direktur Markaz Imam Malik)

@Selasa, 04 Safar 1438 H

Fanspage : Harman Tajang

Kunjungi Media MIM:
Fans page: https://www.facebook.com/markaz.imam.malik.makassar/

Website : http://mim.or.id

Youtube : https://www.youtube.com/c/MimTvMakassar

Telegram : https://telegram.me/infokommim

Instagram : https://www.instagram.com/markaz_imam_malik/

ID LINE :  http://line.me/ti/p/%40nga7079p

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.